Selasa, 09 Juli 2013

Pengertian dan jenis-jenis danau

| Selasa, 09 Juli 2013 |

Pengertian dan jenis-jenis danau – danau adalah genangan air yang terdapat dicekungan yang luas. Air tersebut dapat berasal dari air sungai, mata air, gletser atau air hujan. 

Jenis-jenis danau :


1. Danau Tektonik adalah danau yang terjadi akibat adanya aktivitas tektonik. Tenaga tektonik menyebabkan retakan atau cekungan pada lapisan kulit Bumi. Retakan ini akan terisi air hujan, air sungai, mata air atau gletser dalam jumlah yang banyak dan terbentuklah danau. Contohnya danau Maninjau, Singkarak, Poso, dan danau Tempe.

2. Danau Vulkanik adalah danau yang terjadi akibat adanya letusan gunung berapi. Danau Vulkanik ada dua macam, yaitu :

a. Danau maar adalah danau yang terjadi akibat letusan gunung api yang menimbulkan lubang yang terisi air hujan. Contohnya danau Grati di Jawa Timur.

b. Danau kawah adalah danau yang terjadi karena kawah atau lubang kepundan terisi air hujan. Contohnya danau Kawah gunung Kelimutu di Flores.

3. Danau Tektovulkanik adalah danau yang terjadi karena adanya tenaga tektonik dan tenaga vulkanik. Contohnya danau Toba di Sumatera Utara.

4. Danau Karst adalah danau yang terjadi karena adanya pelarutan batuan kapur, contohnya banyak terdapat di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta.

5. Danau buatan adalah danau yang terjadi karena hasil usaha manusia dengan membendung sungai. Contohnya waduk Gajahmungkur, Jatiluhur, dan Karangkates.

Keberadaan danau sangat penting bagi kelangsungan mahluk hidup khususnya manusia, antara lain untuk kepentingan pengairan (irigasi), persediaan air minum, pembangkit tenaga listrik, olahraga, dan pencegah banjir.

 
© Copyright 2013| Materi Geografi