Selasa, 09 Juli 2013

Pengertian dan jenis Batuan Beku

| Selasa, 09 Juli 2013 |

Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma yang membeku. Batuan ini terjadi ketika magma yang naik ke permukaan Bumi temperatur dan tekanannya semakin berkurang sehingga benda yang cair dan liat berubah menjadi padat berbentuk kristal-kristal.

Pada saat proses pembekuan tersebut dibarengi oleh proses deferensiasi thermis (pemisahan suhu), yang mengakibatkan mineral dalam magma saling memisahkan diri dari proses diferensiasi gravitasi (pemusatan gaya berat atau gaya tarik Bumi).

Berdasarkan tempat terjadinya ada tiga jenis batuan beku:

1. Batuan beku dalam, yaitu batuan yang tempat pembekuannya jauh di dalam kulit Bumi. Batuan beku dalam sering disebut batuan abysal atau batuan plutonium. Contohnya, granit, grabo dan dolerit.

2. Batuan beku gang, yaitu batuan yang tempat terjadinya dicelah-celah lapisan kulit Bumi. Contohnya riolit, fonolit dan latit.

3. Batuan beku luar, di sebut pula batuan beku lelehan (effusif), yaitu jenis batuan yang tempat terjadinya pembekuan di permukaan Bumi. Contohnya andesit, trasit, basalt, obsidan dan batu apung.

 
© Copyright 2013| Materi Geografi