Selasa, 09 Juli 2013

Ekosistem Pantai

| Selasa, 09 Juli 2013 |

Ekosistem Pantai – ekosistem pantai termasuk dalam ekosistem perairan dangkal (lithoral) yaitu daerah yang masih tergenang air laut. 

Berdasarkan karakteristiknya , ada empat jenis ekosistem pantai :

1. Ekosistem terumbu karang

Ekosistem terumbu karang banyak terdapat di daerah tropis dengan cahaya yang cukup, suhu, salintas, kejernihan air, arus dan substrat yang stabil. Terumbu karang terdiri dari organisme laut seperti ubur-ubur, cacing, kerang, dan ganggang berkapur. Ekosistem terumbu karang memiliki tiga formasi, yaitu formasi terumbu karang pantai (fringing reef), terumbu karang penghalang (barrier reef) dan atol atau pulau karang.

2. Ekosistem pantai batu

Ekosistem ini berupa batuan endapan seperti batu-batu kecil, tanah liat, kapur dan bongkah-bongkah batu granit.

3. Ekosistem pantai lumpur

Ekosistem ini terdapat di muara-muara sungai besar. Ekosistem ini disebut juga ekosistem muara sungai (eustuaria).

4. Ekosistem hutan bakau (Mangrove)


Ekosistem mangrove terdiri dari hutan mangrove yang khas di sepanjang pantai atau muara sungai yang masih dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Tumbuhan mangrove memiliki ciri khas dari bentuk akarnya. Akar mangrove ada yang keluar dari permukaan air dan ada yang keluar dari batang tanaman di atas permukaan air. Di Indonesia, luas hutan mangrove yang ada sekitar 4,25 juta hektar.

Manfaat ekosistem pantai :

1. Pantai dal laut merupakan media transportasi sejak zaman dulu.

2. Sumber daya pantai dan laut merupakan hal yang sangat penting dimanfaatkan sebagai sumber pangan dan komoditi perdagangan.

3. Berbagai bahan kimia yang terkandung dalam tubuh biota laut dapat diolah untuk dijadikan bahan baku berbagai jenis obat dan kosmetik.

4. Perbedaan suhu air laut, gelombang, pasang surut, dan angin di atas laut mempunyai potensi sebagai sumber energi yang belum banyak dimanfaatkkan di Indonesia.

5. Pemandangan laut yang indah di pantai dan di bawah laut dapat dijadikan objek pariwisata dan rekreasi.

6. Pantai dan laut dapat dijadikan sebagai objek penelitian

 
© Copyright 2013| Materi Geografi